Tugas 3

Buatlah contoh sebuah paragraf Generalisasi, Analogi, dan Sebab-akibat (kausalitas) yang berkaitan dengan bidang anda sekarang!

1. Generalisasi
Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer.
Berikut ini adalah posisi yang baik pada saat menggunakan komputer :
 - Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.
 - Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse.
Jadi, pada saat menggunakan komputer, kita harus memperhatikan posisi yang badan dengan baik. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan efek samping ketika berlama-lama menggunakan komputer.

2. Analogi
Komputer terdiri dari 3 bagian penting yaitu Hardware, Software, dan Brainware. Ketiga bagian itu saling berhubungan dan saling bekerja sama satu sama lainnya untuk membangun Komputer itu sendiri. Sama halnya dengan Komputer, Manusia terdiri dari 3 bagian penting yaitu fisik, jiwa, dan akal pikiran yang membangun kestabilan manusia itu sendiri.

3. Sebab-akibat (Kausalitas)
Di era modern seperti saat ini, smartphone atau telepon genggam sangat dibutuhkan bagi manusia baik itu untuk menghubungkan kekerabatan jarak jauh maupun hanya untuk merelaksasikan diri dari beban hidup. Banyaknya aplikasi sosial media yang ada didalam smartphone atau telepon genggam memudahkan manusia mendapatkan informasi dan meng-update peristiwa terkini sehingga manusia menjadi asyik sendiri. Hal ini yang menyebabkan ketika berkumpul dengan keluarga, kerabat, maupun teman dan rekan bisnis mereka hanya tefokus kepada smartphone atau telepon genggamnya masing-masing.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com