Penggunaan Struktur Program pada C++

a. Biodata
#include<iostream.h> merupakan header yang melibatkan objek input output seperti cin dan cout. #include<conio.h> merupakan header yang biasanya digunakan bersama fungsi getch() yang berfungsi sebagai penerima input sembarang dari keyboard user. Variabel npm dengan jumlah 8 karakter bertipe data char. Void biodata() merupakan fungsi dari batang tubuh program biodata yang akan dieksekusi.
Simbol { dan } menunjukkan fungsi begin dan end. Akhir dari setiap baris kodingan diakhiri dengan tanda titik koma (;). Variabel nama dengan jumlah 50 karakter dan kelas dengan jumlah 5 karakter bertipe data char. Cout merupakan keluaran saat program dijalankan, jika memakai petik dua (“) maka akan langsung dimunculkan tanpa harus diinput saat program dijalankan. Cin merupakan masukkan saat program dijalankan dengan menggunakan variabel sebagai penampung. Endl menyatakan baris berakhir dan pindah ke baris yang baru.
b. Jurusan
Void jurusan() merupakan fungsi dari batang tubuh program jurusan yang akan dieksekusi. Variabel j bertipe data char. Nilai j sama dengan nilai npm dengan karakter ke-0. Jika nilai j sama dengan 1 maka cetak Jurusan Sistem Informasi. Jika nilai j sama dengan 2 maka cetak Jurusan Sistem Komputer. Jika nilai j sama dengan 3 maka cetak Jurusan Teknik Komputer. Cetak “Angkatan 20(karakter ke-3 pada variabel npm)( karakter ke-4 pada variabel npm).


c. Main
Clrscr() berfungsi untuk setiap program yang dijalankan meninggalkan hasil dari program tersebut akan dihapus seperti awal. Cout merupakan data yang akan dikeluarkan adalah ‘===Menu===’ karena kalimat tersebut diantara tanda kutip sehingga dikeluarkan sesuai dengan apa yang dimasukkan pada kodingan. Hal ini akan sama dari kodingan cout<<”1. Biodata”; sampai cout<<”3. Exit”; dan cout<<”Masukkan Pilihan: “;.Cin merupakan data yang dimasukkan, dalam hal ini data yang dimasukkan ditampung oleh variabel pil.
Dalam membuat menu, dapat digunakan fungsi dari Case. Pada fungsi case harus diawali dengan switch(var). Pada kodingan ini variabel yang digunakan adalah pil. Masuk ke case 1 dengan memanggil variabel biodata yang memuat kodingan biodata yang telah dibuat sebelumnya. Goto menu berfungsi untuk kembali ke variabel menu. Masuk ke case 2 dengan memanggil variabel jurusan yang memuat kodingan jurusan yang telah dibuat sebelumnya. Pada Case 3 memuat break dan outputan “Access Data” saja karena pada pilihan menu merupakan keluar dari program. Yang terakhir adalah default. Default disini berfungsi jika memasukkan pilihan selain dari 3 pilihan yang tersedia maka akan keluar kalimat ‘Pilihan tidak ada, pilih kembali’ dan akan kembali ke menu.
Hasil Outputnya adalah sebagai berikut.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com