Penggunaan Fungsi Pengubah Kata/Tulisan pada LaTex

Buka Program aplikasi Latex yang telah diinstall seperti gambar disamping hingga tampil laman awal pada program seperti gambar dibawah. Kemudian create new project.


Masukkan kodingan seperti gambar dibawah.
\documentclass berfungsi untuk menentukan layout halaman yang diikuti dengan spesifikasi [letter, 20pt, times new roman]{article}. Letter merupakan ukuran kertas, 20pt times new roman berarti font yang digunakan adalah times new roman berukuran tulisan 20pt.  Article didalam kurung kurawal berarti tulisan tersebut merupakan artikel.
\usepackage[bahasa]{babel} adalah paket babel disertakan dengan kata kunci bahasa. Babel sendiri berfungsi untuk mengenali format bahasa yang digunakan. Sedangkan \usepackage{color} berarti paket yang menghasilkan teks dokumen memiliki warna sesuai warna yang ditentukan. Setiap dokumen yang dibuat memiliki \begin{document} dan \end{document}. Setiap \begin diakhiri dengan \end. \textcolor{red}{Belajar Latex} berarti teks ‘Belajar Latex’ memiliki warna merah. Garis \\ berfungsi untuk memberikan jarak 2 baris untuk kalimat dibaris selanjutnya. \textbf berfungsi mengubah tulisan menjadi bold. \textit berfungsi mengubah tulisan menjadi italic. \underline berfungsi mengubah tulisan menjadi memiliki garis bawah.
\begin{flushleft} berfungsi menjadikan teks yang dibuat rata kiri. \begin{center} berfungsi menjadikan teks yang dibuat rata tengah. \begin{flushright} berfungsi menjadikan teks yang dibuat rata kanan. Output yang dihasilkan adalah sebagai berikut.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com