Membuat Daftar Isi pada LaTex

Buatlah kodingan seperti gambar dibawah ini.
\documentclass berfungsi untuk menentukan layout halaman yang diikuti dengan spesifikasi ukuran kertas adalah A4 dengan ukuran font adalah 12pt. Jenis dari tulisan ini adalah artikel. Untuk \title, \author, dan \date{\today} akan otomatis diletakkan ditengah halaman dengan judul paling atas diikuti dengan pembuat dan tanggal hari pembuatan dikarenakan terdapat fungsi \createtitle. \today menyatakan tanggal sesuai dengan tanggal yang berada di komputer user. \newpage berfungsi untuk membuat halaman baru.
\tableofcontents untuk menampilkan bab, subbab, maupun subsubbab yang dibuat tanpa harus mengetik ulang serta memberi judul daftar isi. \section merupakan subbab. \subsection berfungsi sebagai subsubbab yang akan mengikuti subbab. Begitu pula dengan \subsubsection akan mengikuti sub-sub sebelumnya yang masih dalam satu rangkaian urutan. Jika sudah berbeda judul subbab maka akan menjadi subbab baru. \paragraph berfungsi untuk membuat suatu paragraf tanpa harus menambahkan newline atau sebagainya. \slshape berfungsi untuk slanted kalimat yang diinginkan.
Dari penjelasan diiatas, output dari kodingan tersebut adalah sebagai berikut.
Gambar disamping merupakan hasil dari halaman 1 yang memuat judul, penulis, dan tanggal pembuatannya.






Gambar disamping merupakan hasil dari halaman 2 yang memuat daftar isi yang menggunakan fungsi \tableofcontens.

Gambar disamping merupakan hasil dari halaman 3 yang memuat isi dari dokumen yang terdiri dari subbab beserta subsubbabnya serta penggunaan .

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com