Penggunaan Mail Merge pada Open Office

Membuat Sertifikat dengan 5 Voulentir Nama
Dalam membuat sertifikat kita menggunakan aplikasi Open Office Writer. Kemudian membuat desain dari sertifikat seperti gambar dibawah.
Setelah membuat desain sertifikat, masukkan nama voulentir yang akan dituliskan di sertifikat dengan menggunakan Mail Merge Wizard untuk mempercepat dalam membuat sertifikat yang memiliki banyak nama penerima.
Untuk langkah pertama dan kedua bisa langsung dilewati karena langkah pertama menggunakan dokumen yang telah ada sedangkan untuk tahap kedua tipe dokumen yang digunakan adalah letter.
Untuk langkah ketiga klik select address list untuk memilih database yang mengandung nama – nama penerima. Dikarenakan belum ada database yang tersedia maka harus membuat baru database dengan menekan tombol create.
Untuk address list, kita menggunakan data yang diperlukan saja sehingga hapus data – data default dan menambah data yang diperlukan.
Masukkan nama voulentir yang diinginkan, setelah itu simpan databasenya.
Lanjut di tahap ketiga, setelah menentukan address list yang dilakukan selanjutnya adalah tidak menceklis langkah kedua lalu ke tahap keempat. Pada tahap keempat tidak menceklis pilihan yang tersedia kemudian menuju tahap keenam.
Pada tahap keenam kita menekan tombol edit document untuk menggabungkan database yang telah dibuat dengan dokumen sertifikat. Setelah menekan tombol edit document lalu menekan tombol data source untuk mengambil database. Tarik tabel nama ke dokumen sertifikat maka akan muncul tulisan <nama> seperti gambar diatas.
Untuk tahap ketujuh bisa dilewati, lanjut ke tahap delapan. Di tahap ini merupakan bagian penutup atau bisa dibilang menyimpan data yang telah dibuat.
Gambar dibawah ini merupakan hasil yang telah jadi.

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com