Teknologi Garis Gawang dalam Sepakbola

Sejarah Singkat

Dalam sepak bola, teknologi garis gawang (Inggris: goal-line technology disingkatGLT) merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menentukan bilamana bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dengan bantuan berbagai perangkat elektronik dan pada saat yang sama membantu wasit dalam menyatakan sebuah gol telah terjadi atau tidak.

GLT tidak ditujukan untuk menggantikan peran wasit dan para hakim garis, namun lebih membantu mereka dalam membuat keputusan di lapangan pertandingan. GLT harus memberikan sebuah indikasi yang jelas mengenai apakah bola telah sepenuhnya melewati garis gawang dan informasi ini nantinya berperan untuk membantu wasit dalam membuat keputusan akhir.

Dilatarbelakangi oleh beberapa keputusan kontroversial pada sejumlah pertandingan Liga Utama Inggris, Piala Dunia FIFA 2010, dan Euro 2012, FIFA (yang sebelumnya menolak penggunaan teknologi ini) melakukan pengujian terhadap beberapa kandidat potensial untuk teknologi garis gawang. Sembilan buah sistem diuji pada tahap awal, namun hanya dua buah sistem bertahan.

Pada 5 Juli 2012, International Football Association Board secara resmi menyetujui penggunaan teknologi garis gawang. Kedua sistem yang disetujui yakni GoalRef dan Hawk-Eye —keduanya sistem yang diuji pada pengujian tahap kedua. Pada bulan Desember 2012, FIFA mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan teknologi garis gawang untuk pertama kalinya dalam sebuah pertandingan kompetitif pada Piala Dunia Antarklub FIFA 2012 di Jepang.


Pro dan Kontra

Dalam penerapan penggunaan teknologi garis gawang, banyak yang mendukung dan banyak pula yang tidak mendukung menggunakannya. Bagi yang mendukung ini merupakan sebuah terobosan untuk mengoreksi hasil putusan wasit maupun pengadil didalam lapangan dalam menentukan apakah bola telah melewati garis gawang atau tidak. Yang paling merasakan dampaknya adalah tim yang bermain apalagi ketika tim dalam keadaan krusial.

Bagi penikmat pertandingan sepakbola hal ini dapat mengurangi keunikan, intrik - intrik, dan drama didalam pertandingan sepakbola. Menurut sebagian orang jika setiap pertandingan menggunakan teknologi garis gawang ini, maka sepakbola hanya seperti game konsol yang dimainkan yang sudah pasti akan masuk atau tidaknya bola kedalam gawang. 

Related Posts:

  • Penggunaan Fungsi Array pada C++ 1. Array Satu Dimensi Buatlah kodingan seperti gambar dibawah ini. Buatlah kodingan seperti gambar diatas. #include<iostream.h> merupakan header yang melibatkan objek input output seperti cin dan cout. #include<co… Read More
  • Penggunaan Fungsi String pada C++ Fungsi String dalam Biodata Buatalah kodingan seperti gambar dibawah. #include<iostream.h> merupakan header yang melibatkan objek input output seperti cin dan cout. #include<conio.h> merupakan header yang biasan… Read More
  • Instal Windows 7 dari USB Flash DiskOrang yang baru beli netbook bias jadi bingung ketika ingin instal sistem operasi. Bagaimana lagi? Netbook tidak dilengkapi DVD-ROM. Tapi, jangan khawatir. Ada banyak jalan menuju Roma. Ada banyak perangkat yang bisa kamu… Read More
  • Panduan Membeli Memory Card Reader/WriterBenda satu ini sama pentingnya dengan kartu memori. Penting karena membantu kita memindahkan data dari kartu memori ke PC atau sebaliknya. Semua data yang kita miliki hasil foto, file pekerjaan, tugas kampus, bisa dengan m… Read More
  • Hologram Pertable Computer Dunia teknologi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Manusia-manusia di dunia pun semakin kreatif dalam menciptakan inovasi yang akan berguna bagi kelangsungan hidup di dunia. Beberapa perusahaan-perusahaan teknologi … Read More

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2025 Personal Blog | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com